Saturday, July 11, 2020

Bagaimana Caranya Ikan Cepat Besar ? Ini Solusinya




Setiap penghobi ikan hias pasti menginginkan ikan peliharaannya agar cepat besar. Namun sayangnya banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara yang benar agar ikan hias cepat besar.

Baca Juga :Ikan Cepat Mati ? Ini solusinya

Berikut cara yang benar agar ikan hias cepat besar :

1.Pakan

Sudah pasti ketika berbicara pembesaran ikan, pasti tidak jauh jauh dari urusan pakan. Yang jadi pertanyaan adalah pakan yang bagaimana yang membuat ikan hias cepat besar?.

Jawabannya adalah pakan yang mengandung lemak dan protein yang tinggi. Sama seperti manusia jika makan makanan yang mengandung lemak dan protein tinggi maka akan cepat gemuk, begitu pun dengan ikan hias

Pakan favorit yang biasa di berikan oleh peternak ikan hias untuk membesarkan ikan hias peliharaannya adalah dengan menggunakan cacing sutra. Cacing sutra merupakan pakan yang tinggi akan lemak dan protein yang sangat bagus untuk membentuk body ikan agar berukuran jumbo.

Baca Juga : Cara Budidaya Cacing Sutra dengan Cara Paling Mudah dan Murah. Dijamin Bisa


Selain cacing sutra, pelet lele juga biasa digunakan oleh peternak ikan hias agar ikan mereka cepat besar.

Kalian juga bisa memilih pelet mahal yang dijual di toko perlengkapan ikan. Lihat tabel indeks gizi yang ada dikemasan pakan. Pastikan kadar lemak dan protein minimal 30% agar pembesaran berjalan optimal

Frekuensi pemberian pakan sebaiknya sedikit sedikit tapi habis kurang dari 5 menit, dan minimal berikan 5-8 kali sehari. Jadi sedikit sedikit tapi sering.


2. Tempat

Tempat kita memelihara ikan hias juga berpengaruh pada cepat lambatnya pertumbuhan ikan hias. Semakin luas tempat kita memelihara ikan hias maka akan semakin cepat pertumbuhan ikan.

Jenis tempat yang paling bagus untuk pembesaran adalah kolam tanah. Karena proses kehidupan yang terjadi akan semi alami, maksudnya penguraian sisa pakan akan berjalan lebih cepat karena bakteri pengurai pada tanah, akan muncul binatang binatang seperti cacing, kutu air yang akan secara alami ada di kolam, yang nantinya akan dimakan ikan dan mempercepat proses pembesaran ikan, oleh karena itu peternak ikan yang sudah produksi banyak ikan hias baik koki sampai arwana biasanya kolam pembesarannya berupa kolam tanah.


3. Kepadatan ikan

Ini juga berpengaruh besar untuk urusan cepat lambatnya pertumbuhan ikan. Jadi percuma jika tempatnya luas akan tetapi populasi ikan yang kalian pelihara  padat. Ujung ujungnya malah ikan mati karena kekurangan oksigen dan susah bergerak


4. Genetik

Ini bisa dibilang dasar dari segala proses pembesaran ikan. Apabila ikan hias milikmu indukannya merupakan jenis jumbo, maka prosentase ikan hias peliharaan mu akan menjadi lebih tinggi jika dibandingkan dengan anakan ikan hias yang indukannya tidak jumbo



Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment